Takdir kami dalam sistem sunnah mu ya allah

19 November 2008

Madrasah Harus Tingkatkan Kualitas

Menag: Madrasah Harus Tingkatkan Kualitas
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Agama Maftuh Basyuni mengatakan, madrasah sebagai potret wajah Islam Indonesia, harus terus ditingkatkan kualitasnya apalagi dalam era globalisasi seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi ini.

"Madrasah jika tidak mampu menjawab tantangan bisa kehilangan cita rasa sosial di era kompetisi ini", kata Maftuh saat membuka seminar pendidikan, peluncuran tarbiyah komunikasi serta halal bihalal Persatuan Tarbiyah Islamiyah di Jakarta, Sabtu.

Hadir Ketua Umumnya, Basri Bermanda, mantan Menko Kesra Azwar Anas, dan mantan Menteri Peranan Wanita Soelasikin Murpratomo.

Dewasa ini, kata Menag, kondisi lembaga pendidikan yang sudah ada sebelum Indonesia merdeka ini masih cukup memprihatinkan. Karena itu harus banyak sekali yang dilakukan untuk mengejar ketertinggalan, seperti perbaikan infra struktur serta fasilitas maupun sarana informasi dan teknologi.

"Tapi masih ada kendala antara lain keterbatasan dana", ucap Maftuh.

Meski demikian bagi madrasah, menurut Maftuh, dengan keterbatasan dana madrasah akan tetap eksis, karena ada yang Membantu untuk tetap berjalan. "Ada Tuhan Yang Maha Esa", imbuhnya.

Ia juga mengatakan, saat ini lebih dari 90 persen madrasah dikelola oleh pihak swasta. "Madrasah tetap eksis karena dukungan masyarakat serta keikhlasan para pengelolanya", tuturnya.

Menurutnya, mengelola lembaga pendidikan seperti madrasah tidak cukup bermodal idealisme. "Harus ada pemikiran cerdas, perlu ditingkatkan kualitas apalagi di era globalisasi", kata Maftuh.

Karena itu Departemen Agama, sebagai penebus dosa mulai mengucurkan bantuan yang cukup besar bagi lembaga pendidikan keagamaan swasta itu, termasuk jika ada bantuan dari luar negeri akan langsung diserahkan kepada lembaga yang bersangkutan.
(*/pwp16/rdp01)

Referensi: http://indonesiabergerak.antara.co.id

Tidak ada komentar: